Sabtu, 15 September 2012

What Is Business Process? : Everything is Business, and Everything need Process.


          Everything is business. All the things that people are basically certainly have purpose or have a separate profit to those who do. because impossible what they done in vain. Everything need process. And all the things in the world is basically takes the process, as well as to step 1000m we had to start with one step.


A business is an organization engaged in the trade of goods, services, or both to consumers. A process is A series of actions, changes, or functions bringing about a result. A business process or business method is a collection of related, structured activities or tasks that produce a specific service or product (serve a particular goal) for a particular customer or customers. It often can be visualized with a flowchart as a sequence of activities with interleaving decision points or with a Process Matrix as a sequence of activities with relevance rules based on the data in the process.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Business_process) (http://en.wikipedia.org/wiki/Business) (http://www.thefreedictionary.com/process)


Proses bisnis terdiri atas serangkaian kegiatan, yang terlibat di dalam atau di luar sebuah organisasi, yang bekerja sama untuk menghasilkan hasil bisnis bagi pelanggan atau untuk sebuah organisasi
Manajemen proses bisnis adalah sebuah abstraksi yang menggambarkan cara orang-orang atau pihak-pihak saling berinteraksi di dalam sistem, untuk menangani permintaan bisnis yang dijelaskan dalam cara tertentu, misalnya Activity diagram UML.
Proses Bisnis dapat berada di dalam sebuah organisasi. (misalnya produk manufaktur), atau melibatkan beberapa organisasi, misalnya Proses Bisnis pada hipotek, yang melibatkan organisasi-organisasi penjualan perusahaan hipotek dan escrow (pembayaran asuransi dan pajak) untuk melayani hipotek dilakukan oleh beberapa perusahaan lainnya. Bisnis dan transaksinya dilakukan melalui aplikasi pengantara, contohnya Proses Bisnis yang manajerial. (Pengelolaan SDM dan proses Rekruitmen), Proses Bisnis yang operasional. (layanan panggilan hadir di call center, informasi disimpan oleh kasir bank tentang pembukaan rekening, dll), Proses Bisnis yang berorientasi kegiatan, seperti transformasi yang terjadi di gudang data.
Penyelarasan dengan proses bisnis inti (bisnis akuisisi, pembaruan, pelayanan) dan proses pengaktifan (HR, IT, Keuangan) akan memberikanantara lain: pandangan holistik, interaksi antar pengguna akhir (end to end), Input dan Output, pelanggan dan pemasok
Tujuan Perbaikan proses:
· Membuat proses-proses yang ada efektif. Memiliki kualitas output yang sesuai, pada waktu yang tepat, pada harga yang tepat.
· Membuat proses efisien. Meminimalkan sumber daya yang dibutuhkan dan menghilangkan pemborosan (aktivitas tak bernilai) untuk fokus pada nilai.
. Membuat proses dapat beradaptasi. Mampu beradaptasi terhadap perubahan pelanggan dan kebutuhan bisnis.
. Proses bisnis yang baik akan memudahkan pengguna untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih cepat melaksanakannya, membantu peningkatan dan pengendalian operasi, dan eningkatkan aliran produksi.

Banyak definisi yang telah dijabarkan oleh para ahli manajemen mengenai proses bisnis. singkatnya bagi saya proses bisnis yang sesungguhnya adalah bagaimana cara  dan proses menjadi baik untuk segala pihak dengan tujuan, ukuran dan batasan tertentu dan diterapkan secara menarik.

(http://blog.trisakti.ac.id/informazi/2010/03/22/pengertian-proses-bisnis/)

1 komentar: